13 September, 2012

LAPTOP ACER 4540 LAYAR BLANK

Kali ini ane pengen sharing masalah kerusakan pada laptop acer 4540 (AMD TURION) yaitu layar blank alias tampilan pada layar tidak muncul. ada beberapa sebab kerusakan yang bisa ane asumsikan diantaranya :
- kerusakan pada kabel fleksibel LCD.
- kerusakan pada display LCD itu sendiri.
- kerusakan pada chipVGA ( ATI RADEON )maklum bgi yg hobi gamer he..he

itu untuk sementara sob asumsi dari ane, tapi bisa juga kemungkinan pada RAM atau HARDDISK tergantung sebab awal bagaimana kondisi laptop saat hendak dihidupkan.
sebelumnya ane lepas harddisk & tes dengan kabel SATA...dan ternyata harddisk masih dalam kondisi bagsu, kemudian RAM ane tes dengan laptop setipe dan hasilnya masih bagus. jadi kemungkinan masalahnya ada pada mainboard atau layar LCD, so tinggal coba bongkar laptopnya.

bagi yang hobi elektronik bisa coba untuk bongkar sendiri dan cari penyebab dari kerusakannya. berhubung laptop ane dah habis masa garansi & juga hobi elektronik gak da salahnya mencoba sob.,tapi perlu diingat resiko tanggung sendiri he..he. kalau saran ane bagi laptop yang masih masuk garansi lebih baik dibawa ke toko resmi garansi dimana awal beli laptopnya..,itung2 lumayan garansikan gratis. he..he

Oke sob langsung ke TKP laptop yang pernah ane bongkar :

* pertama lepas baterai sebelum membongkar total, untuk memperkecil kemungkinan komponen short. karena sob komponennya kecil-kecil banget.
* kemudian lepas RAM & HARDDISK. hati2 saat membongkar cover casing tutup tempat harddisk, usahakan unutk meminimalisir hentakan atau goncangan. kan tau sendiri sob harddisk tempat dimana kita menyimpan data-data. kalau ane punya sembonyan gak apa-apa laptop rusak asal jangan harddisknya..he..he
* untuk jenis acer 4540 buka keyboard dengan cara mencongkel bagian tiap sisi keyboard yang terkunci semi pada casing laptop. hati2 pada bagian bawah laptop terdapat soket koneksi penghubung keyboard dengan mainboard.
*selanjutnya bongkar semua mur casing pada tiap sisi laptop.
*kemudian lepas dulu pengait layar LCD agar mudah untuk melepas secara terpisah casing bagian atas dengan bagian bawah.dan hasilnya tampak seperti dibawah.



lalu ane lihat pada tiap komponen kemungkinan ada short atau komponen yang tampak sudah rusak, terlihat semua komponen masih bagus. lalu ane berasumsi untuk fokus ke chipset VGA  dan ane otak-atik pada chipset VGA, kemudian ane cuba panasin, berhubung tidak punya solder uap, ane ganti dengan korek api gas pemantik kompor , dan ane cuba nyalakan tu laptop. dan hasilnya benar dugaan ternyata ni laptop mau hidup lagi alias gambar pada layar muncul kembali.


demikian sharing ane pengalaman pribadi service laptop, jangan pernah ragu untuk mencoba karena percayalah ilmu yang kita dapat lebih besar dibanding resikonya. SEMOGA BERMANFAAT.

10 comments:

  1. sharing pengalaman yg bgus..thank mas

    ReplyDelete
  2. posisi chipset VGA nya dimana kk?

    ReplyDelete
  3. coba cek ulang om kondisi RAM, lepas ulang dan pindah ke slot lainnya.

    utk VGA biasanya satu heatsink dengan processor, seperti laptop saya dengan VGA ATI RADEON tertulis di speknya. nah biasanya chip VGA bertuliskan dengan tulisan yang sama.

    trima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  4. cara lepas ram sama harddisk gimana ya om? udah buka casing belakang tetep bingung

    ReplyDelete
  5. punya saya gak bisa gan , bisa bantu servisin gak gan ,,,
    please :(

    ReplyDelete
  6. Tak ada rotan akar pun jadi tak ada solder uap korek api gas pun jadi solusi hahaha. inspiratif kk.

    ReplyDelete
  7. Hallo bg jadi gini bg..laptop kita sama kendala nya juga sama bg... tapi bg setelah aku cari cari di yt di suruh tekan fn+tombol yang ada lambang jaringan secara bersamaan....
    Awalnya bisa bg.... tapi setelah ku shutdown kembali seperti itu lagi layar blank namun power menyala... cara perbaiki nya gimana bg mohon petunjuk

    ReplyDelete
  8. Hallo bg jadi gini bg..laptop kita sama kendala nya juga sama bg... tapi bg setelah aku cari cari di yt di suruh tekan fn+tombol yang ada lambang jaringan secara bersamaan....
    Awalnya bisa bg.... tapi setelah ku shutdown kembali seperti itu lagi layar blank namun power menyala... cara perbaiki nya gimana bg mohon petunjuk

    ReplyDelete

Mohon Kritik dan saran demi kemajuan blog ini, terima kasih.