25 March, 2011

MERAWAT SOLDER




Merawat mata solder

Bagi brolek (brother elektronika) alias saudara sesame pecinta elektronika tentu tidak asing lagi dengan alat yang bernama solder. Ya ini adalah alat untuk menghubungkan perangkat elektronika dengan menggunakan timah lilitan. Bagi yang sering menyolder tentu sering bosan karena tiap beberapa kali solder yang kita gunakan sudah agak susah untuk memanaskan lilitan timah malah ada solder yang sudah tidak bias dipakai karena mata solder sudah terlalu kotor dan berkerak, dan jika sudah kondisi demikian tentu kita harus merogoh kocek untuk membeli mata solder yang baru.
Nah kali ini ane mo share cara merawat mata solder agar tahan lama karena menurut ane solder gak perlu yang paling mahal dan paling bagus karena yang terpenting dari solder adalah perawatan mata solder yang baik sehingga bias tahan lama untuk digunakan.
Berikut trik merawat mata solder :
·         Buatlah dudukan solder agar solder tidak mudah terkena benda lain saat dalam kondisi panas apalagi jikalau terkena bahan2 dari plastic tentu akan membuat mata solder rusak. (untuk dudukan bias brolek buat sendiri dari kaleng bekas atau apapun dengan sarat sebaiknya dari logam atau jika malas membuat sendiri bias beli ditoko komponen elektronik)
·         Gunakanlah pasta solder alias minyak yang bias digunakan untuk membersihkan saat mata solder selesai digunakan agar saat kondisi dingin tidak ada kerak2 yang menumpuk dimata solder yang bias merusak mata solder.
·         gunakan juga spon yang telah dibasahi oleh air yang berguna untuk membersihkan sisa kerak setelah mata solder dicelupkan dilarutan pasta agar mata solder lebih bersih.

DEMIKIAN SEMOGA BERMANFAAT

2 comments:

  1. Merawat mata tetap sehat adalah kewajiban setiap manusia, karena mata adalah aset terpenting tubuh, tapi dengan perkembangan zaman, dengan layar dimana-mana, semoga mata kita tetap bisa dijaga dengan baik. :)

    ReplyDelete
  2. Supaya bersih coba pakai gondorukem gan

    ReplyDelete

Mohon Kritik dan saran demi kemajuan blog ini, terima kasih.